Jika Aku Menjadi Beswan



 

Oleh: Afni Nihayah
Beasiswa Djarum merupakan Beasiswa yang sangat lengkap sejak 1984, tidak hanya memberikan bantuan financial pendidikan selama satu tahun di jenjang perguruan tinggi, namun juga memberikan pembekalan soft skills berupa kegiatan Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, serta Community Empowerment. Kalau boleh jujur saya baru mendengar beasiswa Djarum tahun ini, beasiswa Djarum sangat berbeda dengan beasiswa-beasiswa lain yang pernah saya dengar sebelumnya. Beasiswa lain hanya memberikan bantuan financial, padahal generasi muda saat ini memerlukan pelatihan soft skills yang diperlukan ketika kita telah memasuki dunia kerja.
Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, menjadi beswan banyak persyaratan yang harus dipenuhi dan tes yang harus dilalui sebagai bahan pertimbangan. Dari sekian ribu mahasiwa yang mendaftar, peluang menjadi beswan dikatakan sangatlah kecil. Oleh karena itu, awalnya saya merasa pesimis untuk mendaftar, tetapi berkat dorongan dan motivasi dari kedua orang tua dan teman-teman di kampus akhirnya saya memberanikan diri untuk mendaftar menjadi beswan. Menjadi seorang beswan adalah suatu hal yang sangat membanggakan bagi diri sendiri maupun orang lain, khususnya kedua orang tua kita. Siapa yang tidak ingin menjadi beswan ? Saya rasa, hampir semua mahasiwa di seluruh perguruan tinggi yang sedang menempuh semester empat ingin bisa menjadi beswan. Begitu pula dengan saya, saya ingin menjadi seorang beswan.
Jika saya menjadi beswan, saya akan sangat bersyukur karena Tuhan memberikan kesempatan untuk menjadi orang yang lebih baik dan saya akan mulai dari diri saya sendiri terlebih dahulu untuk mengatur dan mengarahkan diri saya dalam sebuah kedisiplinan, kejujuran, dan ketekunan dalam belajar baik di bidang akademik maupun non akademik. Dengan mendapatkan pelatihan-pelatihan yang diberikan oleh Djarum, saya yakin akan berkembang menjadi manusia yang lebih berkompeten dan lebih dari sekedar mahasiswa lulusan S1 biasa, tetapi menjadi mahasiswa yang siap menghadapi dunia kerja dengan penuh potensi. Dan untuk semua yang telah diberikan itu, yang bisa saya lakukan untuk membayar dan berterima kasih kepada Djarum Foundation yaitu dengan mendedikasikan diri dalam kegiatan-kegiatan yang ada. Itulah sedikit pemaparan saya “Andai Aku Menjadi Beswan” besar harapan itu bisa terwujud sesuai dengan kemampuan yang saya miliki untuk berbakti pada Negeri Indonesia melalui Djarum Beasiswa Plus Tahun Ajaran 2014/2015. This is my choice, and I am sure I can do it.

0 komentar:

Copyright © 2012 Sudah Ada Judul